Sunday, January 2, 2011

M A Y R I G (1991)

Mayrig (1991)
also known as "Mother"

Ketertarikan gue berawal dari lihat sinopsis film ini di info tayangan harian di salah satu TV kabel. Film ini tentang imigran asal Armenia yang mencoba tinggal di Prancis tahun 1921 selama terjadinya ekspansi Turki terhadap Armenia di Kerajaan Ottoman. Latar kota-kota pinggiran khas Perancis yang indah penuh dengan gang-gang dan pertokoan pada jaman itu pun oke lah menurut gue.
Mereka sekeluarga terdiri dari ayah, ibu, bibi, nenek, dan seorang anak bernama Azad Zakarian yang berumur 7 tahun. Ibu, Bibi, dan Nenek semuanya dipanggil Ibu oleh Azad.
Mereka sekeluarga hidup dalam kemiskinan. Meski begitu, mereka tetap kerja keras mencari nafkah supaya Azad bisa sekolah di sekolah terbaik disana, yang tentu saja butuh uang yang banyak. Ketiga "ibunya" (Ibu,bibi,nenek) kerja sebagai buruh penjahit kancing kemeja dan kerja hingga larut malam di kamar sempit itu. Ayahnya harus kerja lembur di pabrik supaya dapat uang tambahan.
Di sekolah, Azad selalu jadi bulan-bulanan teman-temannya karena namanya yang aneh karena ga khas Prancis. Dia jadi suka menyendiri dan hobi belajar, sehingga nilainya di sekolah tergolong baik. Seusai sekolah Ia melanjutkan sekolahnya hingga mendapat gelar insinyur.
Menurut gue film ini cukup inspiratif. Penonton diajak menyelami perjuangan kehidupan keluarga menengah ke bawah dalam mewujudkan impian. Film ini adalah tentang sebuah keharmonisan dan kerja keras yang mengingatkan penonton akan pentingnya arti sebuah keluarga yang saling mendukung satu sama lain.
-Family is the first tree to make a forest of life-
Film yg cocok untuk tahun baru. Untuk inspirasi kita di resolusi 2011 nanti. Happy New Year, All ! :)

No comments: